Cara mengunakan drop cap,colomns,header,footer,watermark.

 Cara mengunakan drop cap,colomns,header,footer,watermark.




          Drop Cap merupakan huruf/kata pada awal paragraf principle ditampilkan dengan ukuran besar dan dibentuk dengan format principle berbeda dengan teks lainnya. Fungsi dropcap untuk membuat tulisan lebih besar pada awal paragraf.Drop Cap hanya dapat digunakan satu karakter dan tidak dapat digunakan pada data tabel, Header / judul kepala dan Footer (judul kaki). Untuk melihat hasil Drop Cap, pastikan lembar kerja Microsoft Word tampil dalam tampilan Print Layout View. Berikut contoh hasil data dari penggunaan menu drop cap :

Berikut langkah-langkah membuat Drop Cap :

            1. Pertama-tama Blok tulisan yang akan kita buat Drop Cap

            2. Kemudian, klik Insert

            3. Pilih Drop Cap, seperti gambar dibawah ini

            4. Dalam Pilihannya ada dua macam Drop Cap yaitu, “ Dropped” dan “In      Margin”, pilihlah sesuai dengan kehendak kita

            5. Dan untuk Pengaturan lebih lanjut bisa menggunakan menu “ Drop Cap   Option”,

            6. Pengaturannya adalah sebagai berikut, Font untuk memilih Jenis Huruf     yang akan digunakan, Lines to Drop merupakan berapa banyak huruf Drop          Cap akan terkena dalam paragraf tersebut. DanDistance From Teks adalah jarak huruf Drop Cap ke huruf selanjutnya dalam kalimat tersebut.

2. Columns


          Columns berfungsi untuk membagi text menjadi beberapa bagian kolom, yang biasanya kita lihat pada penulisan koran, majalah dan media cetak lainnya.Berikut contoh hasil dari columns :

Berikut langkah-langkah dalam membuat Columns :

            1. Sebelum membuat columns sebaiknya setelah semua artikel telah selesai ditulis, sehingga kita bisa seleksi text yang akan dibuat kolom dengan         mudah.

            2. Block/seleksi text yang akan dibuat kolom kemudian klik > tab Page            Layout >Page Setup kemudian > Columns

            3. Klik tanda panah kebawah akan muncul beberapa pilihan : One (satu),      dua, tiga kolom dst.

            4. Klik salah satu misalnya Two (dua kolom)

3.Header & Footer

          Header berfungsi membuat catatan yang dicetak pada bagian atas setiap halaman, Sedangkan Footer catatan yan dicetak pada bagian bawah setiap halaman.

Berikut langkah-langkah membuat header & footer :

            1.Klik pada tab insert :

            2.Sorot pada panel Header & Footer kemudian > klik menu Header :

            3.Selanjutnya akan muncul format/style header yang bisa dipilih Sebagai             kebutuhan.Sebagai contoh : pilihheader dengan format/style Annual :

            4.Selanjutnya ketikan catatan header yang akan ditampilkan. Misalnya :             “tanyabang.blogspot.com|2019“

Berikut contoh hasil header :



Sama seperti header , cara menggunakan footer pada prinsipnya sama saja. Perbedaan pada penempatannya yaitu footer dibawah halaman.
4.Clip Art & Watermark


          Clip Art berfungsi untuk menyisipkan objek dasar yang telah disediakan dalam ms.word untuk disisipkan atau dimasukan kedalam dokumen.

Berikut langkah-langkah untuk membuat clip art :

            1.Pilih tab ribbon Insert lalu pada grup Illustrations pilih computer graphics untuk membuka jendela taks pane computer graphics

            2. Apabila dalam kotak daftar tidak terdapat pilihan objek gambar yang        diingin disisipkan, maka klik tombol Go untuk menampilkan objek-objek         gambar tersebut.

            3. Pilih worship satu objek gambar dalam kotak daftar objek dan perhatikan           bahwa objek principle terpilih langsung disisipkan ke dalam dokumen.

            4. Clip Art yang anda pilih untuk dimasukan akan terlihat didokumen.

>>Watermark


          Watermark berfungsi untuk memberikan teks atau gambar yang muncul di bagian latar dokumen, yang berguna untuk menambah daya tarik atau memberikan identitas pada dokumen tersebut, misalnya menandai dokumen tersebut sebagai Draft.

Berikut langkah-langkah membuat watermark :

            1.Pada Page Layout tab, Page Background group, klik Watermark.

            2.Lakukan hal berikut:

            Jika ingin menggunakan watermark yang sudah tersedia di galeri, seperti      teks Confidential atauDo Not Copy, klik pada teks tersebut.

            Jika ingin membuat teks tersendiri, klik Custom Watermark untuk        membuka kotak dialogPrinted Watermark.

            3. Klik Text watermark dan lakukan hal berikut:

            Klik pada kotak di samping Text, ketik teks yang diinginkan.

            Atur format pada Font (tipe font), Size (ukuran), dan Color (warna).

            Atur Layout watermark.

            Klik OK bila sudah selesai.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

7.Membuat daftar pustaka dengan kutipan

8..Cara membuat mailing list dgn ms word 2010

10.Cara Menambahkan Format Mata Uang di Excel.